Konveksi Tas Seminar Peluang untuk Berbisnis

Jika kita belum merasa sreg dengan produk dari konveksi tas seminar yang ada maka kita dapat mendirikan konveksi tas sendiri. Jangan takut untuk bangkrut. Kita dapat belajar dari Fandy Maramis pemilik pabrik tas dengan merek Bossfa. Di awal menjalankan usaha beliau sempat terkena tipu rekan bisnisnya sehingga Fandy kehilangan 60% modal usaha. Untuk menutupi kekurangan tersebut beliau mencoba berjualan tas produksi temannya. Setelah itu barulah Fandy mendirikan konveksi lagi. Pada tahun 2015 terdapat 19 orang pekerja full time dan 18 pekerja part time dan pada tahun 2021 terdapat 51 pekerja full time. Kita bisa melihat adanya perkembangan bisnis pada tas Bossfa yang terlihat dari peningkatan jumlah pekerjanya. 

Lingkungan Bisnis, Strategi Operasi dan Kinerja Perusahaan Konveksi Tas Seminar 

Berdasarkan penelitian Ghofar (2004) bahwa strategi operasi memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan baik kinerja keuangan maupun kinerja manufaktur. Strategi operasi ialah tools yang efektif agar konveksi tas berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebagai tanggapan dari perubahan. Berdasarkan eksperimen Ellitan (2001) terlihat lingkungan bisnis memengaruhi pilihan strategi operasi. Kesuksesan konveksi tas harus memiliki strategi yang cocok dengan lingkungan bisnisnya. Dengan kata lain perusahaan konveksi harus memaksimalkan fungsi lingkungan untuk mendapatkan keunggulan melalui pemilihan strateginya.

Dari penelitian Ghofar (2004) dan Ellitan (2001) pentingnya untuk mengintegrasikan lingkungan bisnis, strategi operasi dan kinerja perusahaan untuk kesuksesan sebuah usaha. Hasil penelitian Edy Suroso (2009) yang pertama menunjukkan perusahaan yang sukses menghadapi kondisi lingkungan yang berubah-ubah selalu fokus pada strategi biaya, strategi pengiriman dan strategi kualitas. Kedua menunjukkan lingkungan bisnis berperan signifikan dalam menentukan strategi operasi.

Integrasi lingkungan bisnis, kinerja dan strategi kualitas

Suatu usaha konveksi akan menghasilkan produk yang berkualitas jika menerapkan strategi kualitas di mana penerapannya dengan mengadakan quality controlQuality control dibutuhkan untuk menghasilkan tas yang sesuai dengan standar. Selain itu ada beberapa perusahaan yang membuat perjanjian dengan para vendornya untuk memasok material yang berkualitas. Perjanjian ini sebagai upaya memperbaiki kualitas dari titik nol. Jika bahan baku yang digunakan sudah berkualitas maka lebih mudah untuk menciptakan produk yang berkualitas juga.

Integrasi lingkungan bisnis, kinerja dan strategi pengiriman

Usaha konveki tas menjalankan strategi pengiriman dengan meminimasi atau bahkan menghilangkan keterlambatan barang untuk sampai di tangan konsumen. Perusahaan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga ketepatan waktu pengirim karena konsumen saat ini tidak menyukai keterlambatan.

Integrasi lingkungan bisnis, kinerja dan strategi biaya

Usaha konveksi tas mengimplementasikan strategi biaya dengan cara menurunkan biaya agar perusahaan mampu menjual tas dengan harga yang kompetitif sehingga mampu bersaing dengan kompetitor. Para pengusaha dapat melakukan kerja sama dengan pemasok agar dapat meminimasi biaya bahan baku. Selain itu para pengusaha juga dapat mengatur persediaan agar dapat meminimasi biaya persediaan.

Konveksi tas seminarKonveksi tas seminar
Konveksi tas seminar



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kompetensi untuk memenuhi ISO

Bisnis Tas Ransel Sebagai Tambahan Pemasukan

Produsen Tas Ransel Dapat Menjadi Sumber Rezeki